HAKIKAT MANUSIA

Seiring berkembangnya pendidikan maka selayaknya mahasiswa memahami apa yang ada pada diri dan sekitarnya. Salah satu Mata Kuliah yang mempelajari ilmu tentang filsafat pendidikan didalamnya mempelajari tentang hakikat manusia. Berikut disajikan ilmu mengenai Hakikat Manusia.

Manusia adalah makhluk yang memiliki tenaga yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Manusia juga merupakan individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan  sosial

Manusia adalah individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati. Manusia adalah individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

Berdasarkan ilmu antropologi budaya, manusia adalah organisme sosio budaya. Berdasarkan ilmu sosiologi, manusia adalah animal sociale (binatang yang bermasyarakat) Berdasarkan ilmu politik , manusia adalah animal politicon (binatang yang hidup berpolitik. Berdasarkan ilmu ekonomi, manusia adalah animal economicus (binatang yang terus berusaha memperoleh kemakmuran materiil.

Anak secara keseluruhan pada hakikatnya merupakan suatu system. Bagian-bagian atau unsur-unsur  yang membentuk system ini terorganisasikan dalam strruktur yang terkoordinasikan dalam fungsi. Sesuai dengan konsep system, setiap unsur mempunyai arti bila unsure tersebut berkaitan dengan unsure lain secara utuh. Tangan anak tidak akan dapat menulis jika tidak dihubungkan dengan tubuh secara keseluruhan. Unsure pikir, tidak akan bekerja dengan sendirinya jika tidak dihubungkan dengan keadaan psikis secara keseluruhan. Demikian pula hubungan antara fisik dan psikis kedua unsure ini merupakan suatu kesatuan yang utuh. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh anak past melibatkan semua bagian dari system tersebut, walaupun pada aktivitas tertentu ada bagian-bagian tertentu yang lebih besar jika dibandingkan dengan bagian-bagian dalam system. Konsepsi tentang hakikat manusia seperti ini mengandung pendekatan atau strategi tertentu pula dalam pendidikan

Kegiatan mendidik merupakan salah satu sifat yang khas yang dimiliki oleh manusia. Imanuel Kant (dalam http://berandalqobak.blogspot.com/2010/10/ hakekat-manusia-sebagai-makhluk.html diakses tanggal 22 Januari 2011 ) mengatakan, “manusia hanya dapat menjadi manusia karena pendidikan”. Jadi jika manusia tidak dididik maka ia tidak akan menjadi manusia dalam arti yang sebenarnya. Manusia tidak akan menjadi manusia, kalau tidak dibesarkan dalam lingkungan manusia. Kesadaran tugas hidup, kesadaran akan nilai, bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir. Tetapi diperoleh dari lingkungan yang manusiawi. Kenyataan itu membuktikan bahwa manusia perlu atau membutuhkan pendidikan. Hal tersebut memberi penekanan bahwa pendidikan memberikan kontribusi bagi pembentukan pribadi seseorang. Dengan pendidikan, manusia dapat menggunakan kecerdasannya untuk membangun karya-karya yang berkembang, menjadi tradisi, teknologi, peradaban dan kebudayaan tinggi

Dari beberapa pengertian atau batasan pendidikan yang diberikan para ahli tersebut, mskipun berbeda secara redaksional namun secara esensial terdapat kesatuan unsur-unsur yang teradapat di dalamnya, yaitu bahwa pengertian pendidikan tersebut menunjukkan suatu proses bimbingan, tuntunan atau pimpinan yang di dalamnya mengandung unsur-unsur seperti pendidik, peserta didik, tujuan dan sebagainya.

Tujuan-tujuan pendidikan ini dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Berkembang seutuhnya
  2. Ketuhanan, yaitu beriman dan bertaqwa
  3. Kepribadian, yang mencakup budi pekerti luhur, kepribadian mantap, mandiri, dan bertanggung jawab
  4. Berpengetahuan
  5. Terampil
  6. Sehat jasmani dan rohani

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: