KONTROVERSI RUU BHP

Surabaya (horas asia).
Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang disahkan oleh DPR menuai aksi kontroversi. Puluhan mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya berunjuk rasa menuntut pemerintah membatalkan RUU BHP.
Mahasiswa mengecam RUU BHP. Ditempat terpisah, puluhan mahasiswa Universitas Negeri Makassar juga mengadakan unjuk rasa dengan mengahadang container dan memblokir jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas. Mereka menuntut pemerintah membatalkan RUU tersebut. Menurut para mahasiswa, apabila RUU tersebut disahkan, maka akan bisa menyebabkan kampus menjadi ladang bisnis pendidikan.
Walaupun mendapatkan penentangan dari mahasiswa, DPR tetap mengesahkan RUU BHP pada Rabu siang (18/12). DPR mengesahkan RUU BHP dengan berbagai pertimbangan diantaranya meningkatkan kualitas pendidikan, meskipun biaya untuk pedidikan tinggi di Indonesia akan semakin tidak terjangkau oleh rakyat kecil.
RUU BHP ini dapat dinilai sebagai sikap lepas tangan pemerintah terhadap dunia pendidikan, dimana seharusnya pendidikan di Indonesia adalah tanggung jawab pemerintah. Hal ini dapat dilihat dari isi RUU BHP ayat 4 dan 6 pasal 41 mengatur peran pemerintah dan pemerintah daerah dalam menanggung biaya pendidikan BHP. Sementara ayat 7, 8 dan 9 dalam pasal yang sama mengatur tanggungan biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta didik. Namun ayat ayat tersebut dianggap tidak jelas mengatur proporsi pemerintah dan BHP. Sedangkan dalam pasal 57 mengatur kemungkinan BHP untuk dipailitkan berdasarkan putusan pengadilan. Pasal ini menempatkan BHP seperti perusahaan. Jadi tidak salah jika mahasiswa mengatakan bahwa pendidikan tinggi di Indonesia akan menjadi ladang bisnis pendidikan.
Dengan disahkannya RUU BHP ini maka, perguruan tinggi bisa jadi akan menaikkan biaya kuliah yang akan ditanggung oleh mahasiswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: